Selain Komodo, Inilah Hewan-hewan Yang Populasinya Sudah Sangat Langka!

Bumi ini mempunyai fauna yang begitu beragam dengan segala jenis yang berbeda-beda dan keunikannya. Dari tahun ke tahun beberapa dari binatang-binatang tersebut bisa berevolusi untuk beradaptasi di lingkungan mereka yang berubah-ubah sehingga dapat mempertahankan hidup mereka. Namun, sebagian dari mereka juga terancam punah banyak bagian-bagian tubuh dari mereka dimanfaatkan oleh manusia untuk dijual atau dimanfaatkan karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Bukan hanya di Indonesia saja, banyak dari binatang di negara-negara lain juga terancam punah.

Ini ada beberapa binatang-binatang yang terancam punah, 

1. Elang Flores

Burung Elang Flores merupakan salah satu hewan yang terancam punah. Burung Elang Flores atau yang disebut spizaetus floris ini berasal dari Flores dan tidak banyak tempat untuk bisa menemukan burung ini hanya terdapat di pulau-pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur saja, seperti Pulau komodo, lombok, satonda, rinca, flores, palue, sumbawa. 

Populasi hewan ini hanya ada kurang dari 250 ekor. Elang yang dikenal dengan sebutan Spizaetus Floris ini memiliki ukuran badan yang lumayan besar, yaitu saat dewasa burung ini memiliki ukuran tubuh yang kurang lebih 55 cm. Burung ini juga memiliki bulu putih di bagian kepalanya, ditambah jika kalian beruntung, kalian dapat menemukan burung ini dengan memiliki garis coklat di mahkotanya.

2. Gelada

Selanjutnya ada hewan langka yang mirip baboom yaitu Gelada. Namun, hewan gelada ini hanya dapat dijumpai di daerah Ethiopia, Afrika Timur. Hewan ini hidup secara berkelompok dan kompal, pasalnya ketika ada salah satu temannya yang diserang maka mereka akan membantu dengan cara menyerang musuh tersebut dengan gigi tajamnya dan cakarnya. Saat gelada menyerang mereka tidak peduli akan siapa yang diserangnya.

3. Kanguru Pohon

Hewan langka selanjutnya ada Kanguru Pohon. Kanguru yang satu ini sedikit berbeda dari spesies Kanguru pada umumnya, kanguru ini hanya dapat dijumpai di daerah Papua Nugini, Queensland dan Australia. Kanguru ini merupakan makropod yang hidupnya selalu di atas pohon. 

Meskipun terdapat perbedaan dari kanguru lainnya, namun terdapat juga kesamaan seperti memiliki kantong perut yang berfungsi untuk menyimpan dan menjaga anaknya.

4. Ubur-ubur Emas

Hewan langka selanjutnya adalah Ubur-ubur Emas. Hewan langka yang satu ini dapat dijumpai di danau yang terletak di pulau terpencil yang bernama Eil Malk, Republik Palau, Samudera Pasifik. Di danau tersebut merupakan tempat habitat yang nyaman bagi para ubur-ubur yang telah hidup sekitar 12 ribu tahunan.

Ubur-ubur ini juga aman bagi manusia, karena sengatan dari ubur-ubur ini sama sekali tidak berbahaya dan tidak ada dampak apapun saat disengat. Selain itu, danau ini juga dijadikan destinasi wisata.

5. Burung Bidadari Halmahera

Hewan langka selanjutnya adalah Burung Bidadari Halmahera. Hewan langka ini merupakan masuk dalam spesies cendrawasih yang mempunyai ukuran tubuh sekitar 28 centimeter. Selain itu hewan ini terdapat kombinasi bulu yang sangat indah yang dimulai dari warna hijau, coklat dan warna zaitun. 

Burung Bidadari Halmahera ini dapat dijumpai di daerah pulau Halmahera dan Bacan, Maluku Utara. Makanan burung ini yaitu Buah-buahan, serangga serta arthropoda.

6. Cendrawasih Botak

Bukan hanya pulaunya yang indah, Raja Ampat juga mempunyai hewan yang sangat indah sekali. Spesies ini sudah dibilang langka dan hanya ditemukan di pulau kecil seperti Batanta dan Waigeo, Kepulauan Raja Ampat. 

Burung ini mempunyai bulu yang berwarna hitam dan merah, dan juga terdapat tengkuk yang berwarna kuning dan mulutnya yang berwarna hijau terang. Terdapat hiasan indah dj ekornya  berupa 2 bulu yang melingkar dan pada kakinya berwarna biru.

7. Kura-kura Leher Ular Rote

Seperti dengan namanya, kura-kura leher ular Rote ini mempunyai leher yang panjang mirip seperti ular yang membuat lehernya tidak bisa ditarik ke dalam tempurungnya.

Kura-kura leher ular ini termasuk hewan endemik yang hanya dijumpai di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. International Union for Conservation of Nature (IUCN) menetapkan hewan ini masuk dalam kategori hewan yang terancam punah.

8. Komodo

Komodo merupakan kadal terbesar di dunia yang panjangnya mencapai 3 meter dan memiliki berat sampai 70 kilogram. Ukuran komodo jantan lebih besar dari komodo betina. Menurut IUCN, komodo merupakan spesies yang sangat rentan terhadap kepunahan. Oleh karena itu, sekarang komodo dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan menempatkannya di Taman Nasional Komodo.

Demikian artikel kali ini mengenai hewan-hewan yang populasinya sudah semakin terancam punah. Temukan informasi menarik lainnya seputar dunia flora dan fauna hanya di tipsbudidaya.com.

admin

Back to top