Mudah, Seperti Ini Cara Membuat Thumbnail Video YouTube di Android

Tahukah Kamu bahwa tak sedikit YouTubers yang terbantu popularitas channelnya hanya karena kelihaian mereka membuat thumbnail.

Ya, gambar pratinjau yang ditampilkan sebelum konten video diputar ini ternyata memiliki peran yang cukup signifikan. Tanpa thumbnail yang meyakinkan, video berkualitas dengan judul menarik sekalipun bisa dengan mudah di-skip pengguna YouTube karena merasa illfeel dari cuplikannya saja.

cara membuat thumbnail video youtube di android

Mengenal Thumbnail YouTube dan Cara Membuatnya

Thumbnail memang dapat membuat calon pemirsa lebih yakin atau tertarik untuk melihat video YouTube yang Kamu unggah ke channel.

Read This : Cara Mengunduh Video Youtube di PC Komputer

Selain menampilkan adegan yang membuat penasaran resolusi tinggi, thumbnail yang keren dengan tulisan unik dan efek tertentu memang bisa membuat calon pemirsa merasa antusias dan ingin memuaskan rasa penasaran mereka dari gambar preview tersebut

Pihak YouTube sendiri merekomendasikan resolusi thumbnail 1280×720 lebar minimum 640 piksel dengan format gambar berupa JPG, PNG maupun GIF dan ukuran maksimal hingga 2 MB. YouTube sendiri sebenarnya akan membuatkan thumbnail untuk video yang diunggah ke platform mereka, namun hasilnya terkadang kurang sesuai harapan kreator. Inilah alasannya fitur custom thumbnail ini kemudian ditawarkan.

Cara membuat thumbnail sendiri atau custom thumbnail ini pada dasarnya sangatlah mudah, baik dari perangkat komputer maupun dari ponsel. Menggunakan laptop, Kamu bisa menggunakan Microsoft PowerPoint ataupun aplikasi bawaan Windows seperti Paint hingga aplikasi khusus seperti Photoshop dan sebagainya. Sementara cara membuat thumbnail video YouTube di android bisa Kamu lakukan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau editor gambar bawaan ponsel.

Untuk membuat thumbnail sendiri, Kamu bisa memilih berbagai aplikasi pihak ketiga yang memang mengkhususkan fitur dan layanannya untuk untuk kreasi gambar seperti ini, salah satunya adalah aplikasi PixelLab dari App Holdings. Caranya sebagai berikut: 

  1. Buka aplikasi PixelLab lalu klik setting (titik tiga di pojok kanan atas)
  2. Klik bagian Image size lalu pilih preset untuk YouTube thumbnail
  3. Setelah itu, klik Ok
  4. Jika gambar thumbnail yang Kamu buat dirasa sudah sesuai, klik ikon Save (gambar disket)
  5. Klik opsi Save to Gallery

Kamu juga bisa mencoba aplikasi lain yang menurutmu lebih mudah seperti PicsArt ataupun Canva. Aplikasi seperti ini bisa Kamu dapatkan di Google Playstore dengan mudah. Masing-masing aplikasi pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, misalnya pilihan efek d tools yang bisa digunakan untuk mengedit gambar. Setelah file gambar untuk custom thumbnail YouTube sudah tersimpan di galeri, Kamu pun bisa mengunggahnya ke YouTube.

Membuat Custom Thumbnail Youtube, Harus Terverifikasi

Perlu Kamu ketahui juga bahwa menggunakan thumbnail sendiri alias custom YouTube ini hanya bisa dilakukan oleh akun yang telah terverifikasi. Tanpa verifikasi ini, Kamu tidak akan menemukan tombol menambahkan custom thumbnail di tampilan unggahan dari akunmu. Maka dari itu, pastikan Kamu sudah melakukan verifikasi sebelum mencoba cara ini menggunakan custom thumbnail dari aplikasi YT Studio ini. 

  1. Pastikan Kamu sudah memasang aplikasi YT Studio
  2. Buka aplikasi tersebut lalu pilihlah video yang Kamu maksud
  3. Klik tanda pensil (sunting/ edit) yang ada di pojok kanan atas tampilan
  4. Pilihlah custom thumbnail yang Kamu inginkan lalu klik OK
  5. Lanjutkan dengan mengikuti instruksi yang diberikan oleh YouTube hingga selesai

Bagaimana, mudah bukan cara membuat thumbnail video YouTube di android? Dengan begini, video yang ada di channelmu akan lebih berpeluang untuk di-klik oleh para pengguna. Tapi ingat juga untuk membuat custom thumbnail yang tetap relevan ya, bukan sekedar click bait yang justru bisa membuat pemirsa kapok.

admin

Back to top