Jenis Bahan Baku Kayu Untuk Pembuatan Furniture

Jika ditanya tentang daerah penghasil furniture berkualitas tinggi, maka Jepara pasti masuk dalam daftar teratas. Furniture dari Jepara terkenal sebagai furniture berkualitas tinggi dengan desain yang mewah dan bahan berkualitas pula. Karena itulah berbagai produk furniture buatan Jepara bahkan sudah merambah hingga pasar internasional. Ciri khas yang dimiliki oleh furniture dari Jepara adalah furniture yang mewah dengan ukiran yang unik dan khas yang menghiasi permukaan kayunya. Furniture Jepara mewah tidak dibuat dengan sembarangan dan hanya menggunakan bahan baku berkualitas tinggi.

Kayu untuk Membuat Furniture Jepara Mewah

Beragam model furniture Jepara mewah tidak akan tercipta tanpa bahan baku yang berkualitas tinggi. Furniture Jepara terkenal dengan bahan bakunya yang berkualitas tinggi, karena itu juga kualitas produk hasil jadinya juga berkualitas tinggi, tahan lama dan fungsional. Ada beberapa jenis bahan baku yang umumnya digunakan untuk membuat produk-produk furniture Jepara.

1.    Kayu Jati

Bahan baku yang paling umum digunakan untuk membuat furniture Jepara adalah kayu jati. Kayu jati memiliki sifat yang kuat, tahan lama, tahan terhadap cuaca dan jamur dan mudah dibentuk. Kayunya yang cenderung lurus menjadi keunggulan tersendiri karena bisa lebih mudah dibentuk. Karena sifat yang diberikannya ini, furniture yang dibuat dari bahan jati juga dijual dengan harga yang relatif lebih mahal.

2.    Kayu Mahoni

Selain jati, untuk bisa menghasilkan furniture Jepara mewah, bahan alternatif lain yang sering dipakai adalah kayu mahoni. Kayu ini adalah jenis kayu dengan kekerasan nomor 2 setelah jati. Kayu ini memiliki ciri khas berupa warna kemerahan dan serat yang halus sehingga akan semakin menonjolkan kesan mewah pada furniture yang dihasilkan. Kayu mahoni kebanyakan digunakan untuk membuat mebel antik dan termasuk sebagai salah satu komoditas ekspor selain jati.

3.    Kayu Trembesi

Bahan baku lain yang sering dijadikan bahan baku utama pembuatan furniture Jepara adalah kayu trembesi. Kayu trembesi ini memiliki tingkat kekerasan yang setara dengan kayu jati. Perbedaannya adalah pada diameter kayu yang lebih besar dibandingkan kayu jati. Tidak seperti kayu jati, jenis furniture yang umumnya dibuat dengan bahan kayu trembesi ini tidak terlalu banyak. Salah satunya adalah meja blok tanpa sambungan. Dengan proses finishing yang tepat, jenis kayu ini juga mampu menonjolkan kesan mewah pada furniture yang dihasilkan.

4.    Kayu Mindi

Terakhir adalah kayu mindi. Bahan ini menjadi salah satu alternatif bahan pembuat furniture Jepara dari aspek tampilan. Kayunya yang berwarna putih dapat menonjolkan kesan mewah atau minimalis pada produk furniture yang dihasilkan. Sayangnya, jenis kayu ini tidak begitu kuat dan mudah pecah.

Itulah tadi beberapa jenis kayu yang menjadi bahan baku pembuat furniture Jepara mewah. Dengan mengenal berbagai jenis bahan baku pembuat furniture dan sifat-sifatnya ini, Anda jadi bisa memilih furniture berdasarkan jenis kayu untuk mendapatkan kualitas yang Anda inginkan.

admin

Back to top