Inilah Cara Pengelolaan Sampah Masker Sekali Pakai

Dalam upaya yang dilakukan untuk mengurangi dan mencegah penyebaran Covid-19, salah satu protokol yang wajib dilakukan ialah menggunakan masker. Walaupun ada himbauan untuk menggunakan masker kain yang bisa dipakai ulang, tapi masih ada petugas kesehatan dan beberapa masyarakat yang menggunakan masker sekali pakai yang tentunya menyebabkan meningkatnya timbunan sampah masker.

Sampah sisa masker memang bisa menjadi salah satu media penyebaran Covid-19, maka dari itu harus dikelola dengan tepat. Karena hal ini apa saja yang harus dilakukan kepada masker sekali pakai yang sudah tidak digunakan lagi?

Berdasarkan arahan dari Kementerian Kesehatan, langkah yang bisa dilakukan untuk pengelolaan masker ialah :

1. Mengumpulkan sisa masker yang sekali pakai

2. Melakukan desinfeksi kepada masker, dengan cara merendam masker di dalam larutan desinfektan, klorin, atau pemutih

3. Merubah bentuk masker setelah dilakukan desinfeksi, seperti digunting dan dirusak supaya tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

4. Membuang ke tempat sampah domestik seperti tong sampah besar setelah dibungkus plastik dengan rapat. Jika pemerintah tempat kamu tinggal sudah menyediakan tempat khusus masker sekali pakai di ruang publik, maka kamu bisa langsung membuang masker ke tempat sampah khusus masker yang sudah disediakan.

5. Membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir setelah pengelolaan masker.

Walaupun dalam masa pandemi covid-19, jangan lupa untuk mengelola sampah ya, memilah sampah dari rumah dan melakukan pengelolaan sampah masker. Semua ini dilakukan untuk mendapatkan lingkungan yang lebih sehat dan bisa membantu mengurangi, mencegah, dan memutus rantai penularan virus covid-19.

Kita semua tentu berharap pandemi ini bisa cepat berakhir dan bisa menjalankan kehidupan normal seperti sedia kala. Namun keinginan hanyalah sebuah keinginan jika kita tidak melakukan apapun untuk mewujudkannya. Maka dari itu, jangan lupa menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Semoga dengan kita menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri bisa mencegah tertularnya penyakit ya, dan semoga informasi in bisa bermanfaat untuk kita semua lakukan.

admin

Back to top