Cara Menemukan HP Samsung yang Hilang dengan Fitur Find My Mobile

Ada masanya kita mengalami kesialan atau sedang tidak beruntung dimana HP yang kita miliki hilang entah dimana. Tentu saja hal ini membuat kita menjadi panic, terutama bila di dalamnya terdapat file-file penting atau rahasia yang akan berbahaya apabila didapatkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Akhirnya mau tidak mau, kita dipaksa untuk kembali mengingat kronologi atau histori terakhir dari kapan kita menggunakan HP tersebut. Akan sangat beruntung apabila kamu hanya kelupaan meletakkan HP yang kamu miliki. Namun, tentu akan sangat membingungkan jika sudah mengingat letak terakhir HP, namun ternyata HP benar-benar hilang.

Saat artikel ini ditulis sudah terdapat banyak sekali cara yang bertebaran di internet untuk dapat melacak nomor hp atau untuk menemukan lokasi terakhir dari hp, salah satunya pada situs Teknolagi. Jika kamu merupakan pengguna smartphone Samsung, maka terdapat keunggulan tersendiri untuk bisa menemukan posisi dari HP yang hilang.

Samsung Find My Mobile

Keuntungan yang dimaksud adalah pengguna Samsung Galaxy series memiliki kesempatan untuk bisa menemukan HP meskipun sedang posisi internet tidak menyala. Namun, sayangnya karena fitur ini terbilang masih baru saja dirilis, jadi hanya beberapa smartphone saja yang mendapat updatenya. Terutama untuk pengguna Find My Mobile dengan versi di atas 17.1.08.

Jadi, apabila kamu telah menggunakan fitur Find My Mobile dengan versi yang disebutkan di atas, maka kamu bisa mencari keberadaan ponsel kamu secara offline. Salah satu tanda bahwa kamu memiliki fitur ini adalah dengan munculnya notifikasi pada notif bar untuk mengaktifkan fitur Offline Finding.

Namun, untuk memastikannya kamu juga bisa masuk ke bagian menu Setting, kemudian cari menu Offline Finding. Apabila kamu memiliki menu tersebut, artinya kamu hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut saja untuk dapat menggunakannya.

Apabila kamu tidak memiliki fitur Offline Finding, fitur online masih bisa menjadi solusi untuk menemukan HP kamu. Namun, seperti nama metode pencariannya, HP target yang akan dicari harus dipastikan terhubung ke internet dan menyalakan fungsi GPS atau pencarian lokasi.

Lantas, bagaimana cara untuk menemukan HP Samsung dengan fitur Find My Mobile? Pertama pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur tersebut sesuai dengan langkah di bawah.

  • Buka Pengaturan atau Setting pada HP Samsung kamu.
  • Selanjutnya, cari menu Security atau Keamanan.
  • Akan terdapat beberapa pilihan yang dapat dipilih, namun focus pada pilihan Find My Mobile.
  • Setelahnya kamu bisa memilih opsi mana saja yang ingin diaktifkan. Namun, kami sarankan agar kamu dapat mengaktifkan fitur yang ada agar akurasi pencarian lokasi bisa lebih akurat.
  • Terakhir, aktifkan koneksi internet dan fungsi GPS.

Jika semua fitur yang dibutuhkan sudah diaktifkan, maka selanjutnya adalah bagaimana cara untuk menemukan HP Samsung yang hilang. Berikut langkahnya:

  • Buka situs findmymobile.samsung.com melalui browser yang kamu miliki.
  • Masuk menggunakan akun Samsung yang telah tersinkron dengan HP Samsung yang ingin kamu lacak.
  • Setelah berhasil login, maka kamu dapat memilih perangkat mana yang ingin kamu lacak.
  • Jika sinyal internet yang digunakan bagus saat proses pencarian, maka hasil yang muncul juga akan lebih akurat dengan posisi sebenarnya.
  • Jika HP telah terdeteksi, maka kamu juga dapat memilih beberapa opsi, seperti untuk mengunci hp dari jarak jauh, melakukan backup, atau dengan membunyikan alarm dengan volume paling kencang.

Jadi, dengan memanfaatkan fitur bawaan dari Samsung diatas, ketika kamu kehilangan HP, kamu tidak langsung kehilangan harapan dan mengikhlaskan HP kamu tersebut.

Namun, perlu diketahui, dengan mengaktifkan fitur find my mobile ini, maka penggunaan baterai akan lebih cepat habis. Tentu saja ini dikarenakan HP akan mencari posisi dari HP secara terus menerus.

Referensi: https://teknolagi.id/cara-melacak-nomor-hp/

admin

Back to top