Cara Marketing Produk di Marketplace Supaya Cepat Laris

Menjamurnya marketplace di Indonesia sebenarnya menjadi keuntungan bagi banyak pebisnis berskala kecil maupun besar. Bahkan, seseorang yang tidak memiliki pengalaman berdagang sama sekali, bisa turut mencoba berbisnis melalui marketplace resmi yang tersedia.

Hal ini karena melakukan jual beli melalui marketplace dianggap lebih aman dibanding hanya mengandalkan kontak langsung sosial media. Namun, karena saingan di setiap marketplace sangat tinggi, kamu harus tahu strategi marketing yang tepat. Di antara serangkaian strategi yang banyak digunakan, berikut ini adalah hal-hal dasar marketing produk di marketplace yang bisa kamu pelajari.

Tips Berbisnis Online Menggunakan Marketplace

1. Gaet pelanggan dengan nama toko yang unik, mudah diingat, dan buat logo sendiri

Pada pencarian barang di marketplace, biasanya pelanggan memang tidak begitu peduli dengan nama toko yang bersangkutan, karena yang diincar adalah harga yang murah dan review yang bagus dari pelanggan sebelumnya. Namun, bukan berarti kamu bisa mengabaikan penamaan tokomu sendiri. Nama toko yang unik tapi mudah diingat dan dilafalkan akan menjadi poin tambah.

Selain nama, ada baiknya kamu memiliki logo sendiri untuk tokomu. Cobalah membuat logo yang simple, mudah diingat, merepresentasikan produk dan nama tokomu sendiri. Terlebih, visual logo biasanya lebih mudah diingat dibanding tulisan.

2. Gunakan aplikasi dropship

Terkhusus untuk anda yang menjalankan bisnis online ini dengan sistem dropship, kami menyarankan untuk menggunakan aplikasi dropship. Aplikasi dropship ini akan membantu anda dalam proses scrape hingga upload yang lebih cepat dan praktis. Sehingga akan menghemat waktu dan tenaga anda. Anda bisa lebih focus pada penjualan dan melayani customer dari pada masalah teknisnya.

3. Gunakan berbagai macam jasa ekspedisi

Saat kamu menjadi pembeli di berbagai macam marketplace, kamu pasti sangat familiar dengan banyaknya pilihan jasa ekspedisi yang ditawarkan. Oleh sebab itu, ketika menjadi penjual pun kamu harus menyetting enable pada semua ekspedisi, terutama jika kamu memang tinggal di kota besar dengan jasa ekspedisi yang lengkap.

Namun, jika wilayahmu tidak memungkinkan untuk suatu ekspedisi tertentu, jangan dipaksakan untuk memakai ekspedisi yang bersangkutan, karena akan merugikan kamu maupun pembeli.

4. Pakai foto asli yang bagus setiap produk

Bahkan jika kamu reseller, tidak ada salahnya untuk mengambil foto barang sendiri dan memasangnya di akun marketplace yang digunakan. Namun, pastikan pihak supplier tidak keberatan dengan foto yang kamu ambil tersebut. Namun, jika kamu memiliki produk sendiri, selalu gunakan foto asli yang diambil sendiri. Foto asli akan lebih meningkatkan kepercayaan pembeli daripada foto yang asal ambil dari internet.

5. Selalu cantumkan deskripsi produk sejelas mungkin

Ada banyak sekali toko yang sering tidak menuliskan deskripsi produk pada tiap barang yang mereka unggah. Hasilnya, calon pembeli banyak yang ragu dan akan banyak pula yang melakukan direct message ke akunmu untuk menanyakan seputar produk yang bersangkutan.

Bayangkan jika pelangganmu jumlahnya ratusan, berapa orang yang harus kamu layani untuk dijawab pertanyaannya setiap hari. Terlebih dengan mencantumkan deskripsi yang jelas, calon pelanggan akan lebih tertarik dan kepercayaan terhadap tokomu meningkat.

6. Harga produk yang terjangkau akan lebih disarankan

Menjual produk dengan harga yang terlalu mahal biasanya malah akan menghambat jalannya bisnismu. Perputaran uang dari usahamu tidak bisa cepat dan akan lebih sulit mencari keuntungan. Oleh sebab itu, lebih baik memasang harga murah dan terjangkau, sehingga produkmu laris manis di pasaran dan kamu bisa membeli produk baru untuk melangsungkan bisnismu. Jangan lupa pula, sesekali adakan diskon supaya banyak yang mampir ke tokomu.

7. Selalu fast respon terhadap pelanggan

Jika kamu berjualan di marketplace, usahakan internet selalu on 24 jam. Hal ini untuk antisipasi jika ada pelanggan yang tiba-tiba membeli barangmu atau bertanya sesuatu lewat chat. Semakin cepat kamu merespon, semakin cepat pula pelanggan akan membeli barangmu, dan semakin cepat kamu menuju sukses.

admin

Back to top