Cara Dapat Kuota Multimedia Kemendikbud Telkomsel

Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, karena itu pemerintah pun mengeluarkan kebijakan school from home atau sekolah dari rumah. Hal ini agar kegiatan belajar mengajar tak terputus. Hanya saja ketika diaplikasikan, kebijakan tersebut terkendala dengan ketersediaan kuota internet bagi para siswa dan guru. Karena itulah Kemendikbud mengeluarkan kebijakan pemberian kuota internet gratis.

Kemendikbud berkoordinasi dengan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) termasuk Telkomsel pun mulai memberikan bantuan kuota internet gratis tersebut. Kuota internet gratis diberikan untuk 4 bulan mulai September sampai Desember 2020. Tiap bulan pemberian kuota berlangsung dua tahap, misalnya di bulan September, untuk tahap I dari 22-24 September sementara tahap II dari 28-30 September 2020. Begitupun untuk tiga bulan selanjutnya diberikan pada tanggal-tanggal yang sama. Bagi siswa dan guru pengguna kartu Telkomsel pun mengikuti jadwal yang sama.

Kuota Umum dan Kuota Multimedia Telkomsel

Kuota Multimedia Kemendikbud Telkomsel

Mengacu dari Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020 yang tertera di Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, Kemendikbud membagikan 2 macam kuota internet terdiri dari kuota umum dan kuota belajar atau sering disebut kuota multimedia. Kebijakan tersebut diambil agar tak terjadi penggunaan kuota yang tak sesuai dengan tujuan utamanya yaitu mendukung belajar online. Bantuan kuota gratis tersebut untuk kuota umum pun jauh lebih kecil dibanding kuota belajar.

Kuota umum yaitu kuota yang berlaku untuk mengakses apa saja dari internet. Jadi penerima bantuan bisa menggunakannya untuk membuka situs atau konten apa saja. Adapun kuota belajar atau kuota multimedia dari Kemendikbud untuk provider Telkomsel yaitu kuota yang khusus untuk mengakses aplikasi ataupun platform belajar online yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud.

Berbagai aplikasi yang dapat digunakan dengan kuota tersebut meliputi akses video conference yakni Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Microsoft Teams, dan U Meet Me. Lalu untuk platform lainnya yaitu : Microsoft Education, Kipin Shool 4.0, Quipper, Rumah Belajar, Ruangguru, Sekolah.mu, Zenius, Udemy, Google Classroom, Aiminin, Edmodo, Ayoblajar, Birru, Bahaso, Cakap, Eduka System, Duolingo, Ganeca Digital, serta tak ketinggalan adalah aplikasi chat WhatsApp. Kecuali itu, kuota belajar pun bisa dimanfaatkan para siswa dan guru mengunjungi 401 website perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Besaran Kuota Gratis Kemendikbud Telkomsel

Info dari www.semuatipe.com, jumlah kuota gratis Kemendikbud yang diberikan tidak sama sebab menyesuaikan dengan tingkat pendidikan yaitu :

1. Siswa PAUD total 20 GB/bulan : kuota belajar: 15 GB, kuota umum: 5 GB

2. Siswa SD dan SMP 35 GB/bulan : kuota belajar: 30 GB, kuota umum: 5 GB

3. Guru PAUD, SD, SMP 42 GB/bulan : kuota belajar: 37 GB, kuota umum: 5 GB

4. Mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan : kuota belajar: 45 GB, kuota umum: 5 GB

Cara Mendapatkan Kuota Kemendikbud Telkomsel

Agar bisa mendapatkan bantuan kuota internet gratis, para siswa dan mahasiswa pengguna nomor Telkomsel mesti mengirimkan nomor Hp yang digunakan untuk akses internet ke pihak sekolah. Lalu pihak sekolah akan memberikannya ke operator sekolah agar diinput ke sistem Dapodik (Data Pokok Pendidikan). Para siswa dan mahasiswa harus memastikan jika nomor Telkomsel yang didaftarkan masih aktif.

Cara Mengecek Kuota Gratis Kemendikbud

Jika nomor Hp telah didaftarkan maka pada tanggal pemberian kuota gratis, para siswa dapat mengecek kuota yang diterimanya. Untuk siswa maupun mahasiswa yang menggunakan kartu Telkomsel maka bisa mengecek bantuan kuota dengan dial ke nomor *888# atau membuka aplikasi MyTelkomsel. Pun jika kuota bantuan itu sudah masuk, nomor Telkomsel yang terdaftar pun akan menerima SMS notifikasi yang memberitahukan bahwa kuota sudah masuk.

Kuota Belajar Rp.10 Telkomsel

Telkomsel pun mengeluarkan promo menarik kepada para siswa atau mahasiswa pengguna kartu Telkomsel berupa Kuota Belajar 10GB seharga Rp10. Setiap pelanggan dapat membeli paket internet murah tersebut sekali dari aplikasi MyTelkomsel atau dial ke *363*844#. Bila menggunakan aplikasi MyTelkomsel maka langkah-langkahnya adalah :

  1. Jalankan aplikasi MyTelkomsel
  2. Ketuk tombol “Belanja”
  3. Ketuk tombol “Internet”
  4. Ketuk kategori 'Pendidikan'
  5. Pilih saja 'Kuota Belajar Rp10'
  6. Lakukan konfirmasi.

Sementara jika dilakukan dengan dial kode UMB maka langkah-langkahnya adalah :

  1. Dari ponsel, dial kode *363*844#
  2. Pada menu pilihlah 'Paket Kuota Belajar'
  3. Kemudian pilih saja 'Rp10 10GB Kuota Belajar'
  4. Setelah itu buka sms dari telkomsel yang berisi link aktivasi paket dari MyTelkomsel.
  5. Lakukan saja konfirmasi pembayaran

Buat kamu para siswa dan juga mahasiswa yang tidak menggunakan kartu Telkomsel, ada Kartu Perdana Internet Merdeka Belajar. Kartu perdana ini telah berisi Kuota Belajar 10GB (untuk sekali pembelian), Kuota Kemendikbud 35GB (gratis setiap bulan), dan Kuota Belajar 11GB seharga Rp5.000 (bisa dibeli lebih dari sekali). Khusus untuk Kuota Belajar 11GB dibagi menjadi : kuota 500MB all Jaringan, 500MB kuota chat, dan 10GB kuota belajar.

admin

Back to top