3 Cara Mematikan Update Windows 10 (Permanen & Sementara)

Windows 10 memang memberikan pengaturan update otomatis dengan tujuan agar menjaga perangkat tetap berada dalam perlindungan dan fitur terbaik, bebas celah. Namun, bagi para pengguna yang mempunyai kuota data minim, pengaturan tersebut tentunya merugikan mereka. Sehingga banyak dari pengguna dari Windows 10 justru ingin fitur ini dimatikan. Pada dasarnya tidak ada fitur yang sengaja diadakan untuk memberhentikan pengiriman update dari Microsoft secara penuh. Tetapi ada satu fitur yang setidaknya membantu penggunanya meminimalisir frekuensi pembaharuan yang nantinya pengguna bisa mengulur waktu sampai mendapatkan jaringan yang tak terbatas maupun stabil.

Cara Mematikan Update Windows 10

cara mematikan update windows 10 Menurut salah satu kontributor situs relogi.com mas Riko, untuk mematikan update otomatis di Windows 10 begini lho caranya:

1. Menggunakan Defer Upgrade

Pertama ada cara yang tidak secara total mematikan update otomatis Windows 10, melainkan hanya menunda adanya pengiriman update selama beberapa bulan. Jadi, apabila kamu sudah terhubung dengan jaringan yang tak dibatasi kuota, sebaiknya kamu matikan segera fitur ini.

  • Bukalah Settings.
  • Selanjutnya pilih Update & Security.
  • Di Menu Windows Update, kamu pilih ke sebelah kanan dan klik Advanced Options.
  • Kemudian centanglah dibagian opsi Defer Upgrade.

2. Menggunakan Fitur Metered Connection

Cara yang kedua ini pun tak ada efek mematikan update otomatis secara total, namun hanya membatasi akses internet oleh aplikasi dan sistem ketika pengguna terhubung kedalam jaringan yang memiliki kuota terbatas.

  • Buka menu Settings, lalu klik Network & Internet.
  • Dalam menu Wi-Fi, kliklah menu Advanced Options.
  • Selanjutnya ubah settingan Set as metered connection kedalam posisi On.

3. Opsi lainnya

  • Mematikan service Windows Update dengan cara masuk kedalam menu Services kemudian matikan opsi Windows Update.
  • Memodifikasi Group Policy melewati Windows + R dan ketiklah gpedit.msc. Akses Configuration > Administrative Templates > Windows Component > Windows Update dan kliklah Edit. Dari sanalah ubah opsi automatic update configuration ke Notify for download and notify for install. Namun sayangnya, dalam cara ini hanya bisa kamu lakukan di Windows 10 Pro.

Kesimpulan

Untuk cara mematikan update otomatis secara total juga tidak mimin sarankan, dikarenakan Windows 10 merupakan OS termodern yang sudah dioptimalkan untuk perangkat sekarang. Pembaruan yang diberikan Microsoft bertujuan agar menjaga performa sekaligus keamanannya. Salah satu bahayanya adalah ancaman dari dunia maya, melakukan pembaruan secara berkala adalah cara paling sangat aman dan mudah tentunya untuk meminimalisir resikonya. Nah, diatas adalah dua cara mematikan update otomatis Windows 10 yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

admin

Back to top